Pembaca yang Budiman, menentukan S (Subjek), P (Predikat), O (Objek),
dan K (Keterangan) perlu keterampilan bertanya kepada hal yang
tercantum dalam kalimat. Misal: Andi memotong kayu itu di kebun.. Untuk
menentukan S, kita gunakan kata tanya "Siapa". Siapa ayang memotong kayu
itu? Jawabnya: Andi. Untuk menentukan P, kita gunakan kata tanya
"Mengapa atau Sedang apa". Sedang apa Andi? Jawabnya: memotong. Untuk
menentukan O, kita gunakan kata tanya "Apa + predikat pasif + S". Apa
yang dipotong Andi? Jawabnya: kayu itu.
Keterangan biasanya menyertai kalimat setelah objek. Untuk menentukan K
(Keterangan), kita gunakan kata tanya "kapan atau di mana". "Kapan"
untuk menanyakan keterangan waktu, sedangkan "di mana" untuk menanyakan
keterangan tempat. Dalam kalimat "Andi memotong kayu itu di kebun".
Jelaslah kita akan menggunakan kata tanya "di mana" karena "di kebun"
termasuk keterangan tempat.
Cobalah kalimat berikut tentukan S,P,O, dan K-nya!
1. Mustina memperbaiki sepeda tuanya kemarin.
2. Kutansi menyimpan buku catatan utanya di atas lemari.
3. Bikoni menulis surat cinta tadi pagi.
4. Kuntum memagar rumahnya bulan lalu.
5. Mador menyembelih ayamnya di halaman rumahnya
Keterangan yang biasa digunakan dalam kalimat itu bermaxam-maxam. Ada
keterangan waktu, keterangan tempat, keterangan alat, keterangan tujuan,
dan keterangan lain.
Beberapa contoh kalimat yang berketerangan seperti tersebut tadi.- Ibu mengiris ketimun dengan pisau. (keterangan alat) . Untuk menentukan keterangan alat, kita menggunakan kata tanya "dengan apa". Dengan apa Ibu mengiris ketimun? Jawabnya : dengan pisau
- Ayah memasak ikan untuk kucing. (keterangan tujuan). Untuk menentukan keteranan tujuan, kita menggunakan kata tanya "untuk apa/siapa". Untuk apa ayah memasak pakan? Jawabnya: untuk kucing
- Adi mencuci sepeda sehingga bersih. (keterangan keadaan). Untuk menentukan keteranan keadaan, kita menggunakan kata tanya "bagaimana". Bagaimana Adi mencuci sepeda? Jawabnya: sehingga bersih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar