Kamis, 05 Januari 2017

Awalan dan Kata Depan

Pada kesempatan ini, saya hanya membahas kata depan di dan awalan di-
Kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang menyertainya.
Misal: Saya menyimpan pulpen di laci lemari.
Awalan di- ditulis tersambung dengan kata yang menyertainya.
Misal: Saya diberi Arman kurma satu kilogram.

Bagaimana cara menuliskan awalan di- atau kata depan di dalam  kalimat?
Kuncinya gunakan kata tanya: di mana dan diapakan.
Di mana saya menyimpan pulpen? Jawabannya: di laci lemari. Penulisannya dipisah/tidak dirangkai dengan kata yang menyertainya.
Diapakan saya oleh Arman? Jawabannya: saya diberi kurma. Penulisannya dirangkai dengan kata yang menyertainya.

Laci itu jenis kata apa? Jawabannya: Laci jenis kata benda/tempat/noun
Beri itu jenis kata apa?  Jawabannya: beri jenis kata kerja/verb (verba)
Kesimpulan:
Kata depan di jika ditulis dalam kalimat tidak dirangkai dengan kata yang menyertainya karena sudah pasti kata keterangan tempat.
Awalan di- jika ditulis dalam kalimat harus dirangkai dengan kata yang menyertainya karena sudah pasti kata kerja bukan  keterangan tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar